Cintai Lingkungan Kita

Perubahan zaman saat ini sangat berkembang begitu pesat. Dan teknologi baru semakin merajai dunia serta banyak yang memberikan kemudahan bagi kita semua tetapi tidak sedikit pula yang merambah ke dunia lungkungan. Sebagai warga Negara yang cerdas maka kita pun harus memanfaaatkannya dengan bijak.

Baiklah,, Dibawah ini ada beberapa dampak perkembangan teknologi dan Aksi bijak sederhana yang bisa kita lakukan untuk lingkungan kita
1. Penggunaan Listrik dan barang-barang elektronik seperti Handphone, TV, dll. Hal yang saya sebutkan tadi memberikan dampak positif yang cukup berarti bagi kita semua. Coba kalian bayangkan Jika tidak ada listrik apakah kita bisa maenggunakan lampu untuk membaca ataupun bersantai pada malam hari. Jika tak ada TV, apa bisa menikmati hiburan ataupun mendapat informasi terbaru dengan cepat, Jika tak ada handphone apa bisa lansung berkomunikasi dengan anggota keluarga atau teman-teman dengan cepat dan mudah. Mengingat berapa puluh tahun yang lalu hal seperti ini sulit untuk ditemukan. Tapi banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa penggunaaan yang terlalu berlebihan dan tidak sesuai kebutuhan dapat memberikan dampak negatif yang dapat merusak lingkungan kita sendiri seperti terjadi penumpukan karbon di atmosfir sehingga lapisan ozon menipis dan mengakibatkan pemanasan global.
Sebagai warga bijak : Gunakan listrik seperlunya, matikan lampu dan barang-barang elektronik lainnya jika tidak digunakan. Setidaknya kita bisa mengurangi produksi karbon setiap harinya, Dan juga tidak perlu mengkerutkan dahi saat membayar tagihan listrik.
2. Penumpukan sampah dimana-dimana. Sekarang ini banyak kita jumpai makanan ataupun minuman yang siap dikonsumsi, Nah makanan dan minuman ini umumnya menggunakan plastik. Bukan hanya itu barang selain untuk dikonsumsi juga tak jarang menggunakan plastic untuk memudahkan dalam pengemasannya. Bagi sebagian besar orang plastic ini hanyan menjadi sampah belaka. Tau nggak bahan palstik ini jika dibiarkan dan tidak ditanagani semakin lama akan menumpuk karena sulit terdekomposisi dengan tanah. Selain sampah plastic juga banyak sampah-sampah organic yang bernasib sama juga. Walaupun sampah organic ini bisa terdekomposisi dengan tanah, tetapi jika semakin banyak dan tidak diolah maka akan menimbukkan bau yang tidak sedap.
Sebagai warga bijak : kita bisa pisahkan antara sampah organic maupun anorganik. Sampah plastic bisa kita gunakan untuk tempat tanaman dan menjadi hiasan dipekarangan rumah kita. Ataupun kita bisa menjadikannya bahan bakar sederhana, bisa juga dilakukan dengan penyulingan terlebih dahulu. Dan untuk sampah organic kita bisa mendaurnya kembali menjadi pupuk organik mulai dari tanaman kita sendiri ataupun dikormesilkan. Setidaknya kita bisa membantu pemerintah dalam mensukseskan pertanian organic.
3. Penggunaan air yang berlebihan. Air bersih menjadi salah satu penunjang utama dalam kehidupan kita, Seperti untuk mandi, mencuci, memasak, dll. Dengan adanya kran-kran air memudahkan kita untuk mendapatkan air bersih dengan cepat tanpa harus jauh pergi ke sungai atau mata air. Tapi justru adanya kemudahan kita malah seenaknya menggunakannya. Sering kita lihat bahkan kita lakukan sendiri membiarkan air yang berlebihan untuk mandi, menggosok gigi atau mencuci tangan di westafel dan membiarkan air terus mengalir. Nah penggunaan yang kurang bijak ini bisa berdampak buruk di kemudian hari. Jika kebiasaan ini terus dilakukan akan mengakibatkan krisis air bersih dan seiring dengan perubahan iklim.

Sebagai warga bijak : gunakan air seperlunya. Biasakan menampung air sebelum mencuci. Ataupun menggunakan westafel saat gosok gigi jangan biarkan mengalir terus, atapun hindari kebocoran kran. Yang paling penting hindari menggunakan air secara berlebihan.

So cukup dengan melakukan aksi bijak ini, kita bisa menyelamatkan lingkungan kita sendiri. Jangan tunggu lingkungan kita rusak, tunjukkan cintamu pada lingkungan mulai dari sekarang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s