Pelajaran Dibalik Koin 500

Cerita ini adalah sebuah pelajaran/nasihat bagi kita semua… bahwa Allah SWT Maha Melihat dan tidak pernah tidur.. hal sekecil apapun Allah bisa mengetahuinya. dari pengalaman saya sendiri. Ini adalah salah satu contoh yang paling kecil dari kehidupan kita sehari-hari,,

Berawal ketika saya membeli sebuah air mineral di warung. Saat itu saya benar-benar merasa kehausan setelah pulang dari Ospek Kampus. Kebetulan dekat tempat saya berdiri ada sebuah warung berjalan yang sedang parkir di depan salah satu rumah depan kampus. Dan sy memutuskan untuk membeli segelas air mineral di warung itu sebelum pulang kerumah. Dengan percakapan,

Saya : “Tante, beli aqua 1. berapa?”
Penjual : “500”
Saya : (memberikan uang 1000)

tanpa menunggu lama2 sy lansung meminum air tsb. Dan si penjual ini sudah mengeluarkan uang 500 rupiah kembalian dari duit 1000 sy.
sy disitu hanya melihat sekilas dan masih meminum air karena sy benar2 haus.Tetapi setelah sy selesai minum dan ingin mengambil uang tsb, sy melihat penjual tersebut lansung mengambil kembali uang tsb dan memegangnya tanpa memberikan k sy.Dan tdk berbicara apa2 dgn sy. mungkin dy berpikir saya sudah lupa dengan uang tersebut. karena melihat tindakanny sprti itu, sy sudah membiarkannya dan sudah mengikhlaskan kepada penjual tsb. sy sudah melupakan uang itu.dan lansung mencari kendaraan (bentor) untuk pulang ke rumah karena hari sudah mau menjelang magrib.

1 langkah sy melangkah dr tempat itu sy mendengar suara dari warung tsb. Ternyata slah satu jualannya (minuman berwarna) jatuh dan pecah saat ia mendorong warungnya. Ternyata ada mobil yang mau lewat, dan mengharuskan warungnya untuk digeser sedikit agar tidak ditabrak. Stlah melihat itu saya berpikir, sampai dalam perjalan pun sy memikirkan kejadian tadi..

memang ini terlihat sangat biasa, dan mungkin tidak perlu untuk dipikirkan dan dibahs. Tapi menurut sy ini adalah sebuah pelajaran yg sangat berharga. yang saya pikirkan bukanlah uangnya tapi saya begitu merasakan kekuasaan Tuhan. Bahkan dalam hal sekecil itu, yang menimbulkan dosa tidak terlintas dipikiran manusia. Ketidakjujuran penjual tsb lansung dibalaskan oleh Allah saat itu juga. Bahkan 2x lipat.

Minuman yang jatuh dr warung penjual itu yg saya tau harganya 1000 rupiah, sementara ketidakjujurannya adalah dengan tidak mengembalikan uang 500 rupiah k sy. Padahal sy sudah membiarkannya dan melupakannya.

Allah selalu mengawasi dan memperhatikan seluruh perilaku hambanya meskipun sekecil apapun itu. Karena Allah selalu bersama kita semua. jangan pernah menganggap Allah tidak mengetahui apa yang kamu kerjakan dan yang kamu sembunyikan. Tuhan maha Melihat dan Mengetahui segalanya.

Jika kamu melahirkan sesuatu atau menyembunyikannya, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala sesuatu.(Al Ahzab: 54)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s